Cara Aman Membawa Anjing Anda Berenang di Air Dingin

Cara Aman Membawa Anjing Anda Berenang di Air Dingin

Hal-hal yang harus Anda ketahui tentang membawa anjing Anda berenang di air dingin:

Anjing bukan apa-apa jika tidak antusias. Meskipun energi dan antusiasme anjing adalah beberapa hal terbaik tentang mereka, sifat-sifat ini dapat menimbulkan masalah saat berenang di air dingin. Terkadang, anjing tidak tahu kapan harus berhenti, bahkan di suhu yang sangat dingin! Terserah kita untuk memastikan bahwa teman berbulu kita tetap aman saat berenang di air dingin.

Ras, usia, dan kesehatan anjing Anda

Beberapa anjing lebih cocok berenang di air dingin daripada yang lain. Anjing dengan bulu tebal atau bulu ganda (seperti Huskies, Retriever, dan Great Pyrenees) akan dapat bertahan lebih hangat di dalam air daripada anjing dengan bulu tipis (seperti Greyhound, Doberman, dan Boxer).

Ras anjing kecil, anak anjing, dan anjing yang lebih tua juga akan lebih sensitif terhadap air dingin. Anjing dengan kondisi kesehatan yang dapat menghambat kemampuan tubuhnya untuk mengatur suhu harus mendapatkan izin dari dokter hewan sebelum berenang di air dingin.

Suhu udara dan air

Kecuali jika Anda cukup beruntung berada di dekat kolam mata air panas, suhu air akan terasa jauh lebih dingin daripada suhu udara, terutama di musim semi dan musim gugur.

Suhu di atas 7 °C (45 °F) aman untuk sebagian besar anjing, tetapi suhu di bawah -6 °C (20 °F) dapat menyebabkan radang dingin atau hipotermia setelah beberapa saat. Ras anjing kecil atau ras anjing dengan bulu tipis, serta anjing atau anak anjing senior, atau anjing dengan kondisi kesehatan, mungkin mulai merasa terlalu dingin saat suhu di bawah 0 °C (32 °F). Aturan praktis yang baik adalah jika Anda merasa terlalu dingin, anjing Anda mungkin juga akan melakukannya.

Foto oleh mark1201

Jumlah waktu yang dihabiskan di dalam air

Dengan begitu banyak kesenangan yang bisa didapat di dalam air, anjing mungkin tidak menyadari betapa dinginnya mereka sampai mereka berisiko mengalami radang dingin atau hipotermia. Terserah kita sebagai pemiliknya untuk mengetahui keterbatasan mereka. Semakin dingin airnya, semakin cepat kedua kondisi ini terjadi. Berenang lebih cepat selama lima hingga sepuluh menit atau kurang mungkin paling aman.

Es dan salju

Es tipis bisa sangat berbahaya. Jangan biarkan anjing Anda di atas es yang Anda tidak yakin benar-benar beku dan mampu menopang berat badan anjing Anda. Jatuh melalui es dapat menyebabkan tenggelam. Es yang tajam atau pecah juga dapat melukai bantalan kaki anjing Anda, sedangkan es yang licin (terutama lereng dan tangga) dapat menyebabkan terjatuh. Jika Anda melakukan perjalanan yang lebih jauh dengan anjing Anda, bawalah gendongan penyelamat agar Anda dapat membawanya ke tempat yang aman jika perlu.

Salju dapat menempel pada rambut di antara bantalan kaki anjing Anda dan membuat bola es yang padat. Ketika ini terjadi, anjing Anda mungkin kesakitan, dan kakinya bahkan bisa terluka. Sebaiknya bersihkan kaki anjing Anda setelah berenang di air dingin.

Hipotermia

Suhu tubuh normal anjing adalah antara 38 °C (100 °F) dan 39 °C (102,5 °F). Hipotermia dapat terjadi pada suhu tubuh di bawah 38 °C (100 °F).

Tanda-tanda hipotermia pada anjing meliputi:

menggigil hebat otot kaku koordinasi buruk tersandung lesu atau lesu gusi pucat atau abu-abu kulit pucat pupil melebar atau tetap denyut jantung menurun dan laju pernapasan kolaps

Foto oleh Mylene2401

Jika Anda menduga anjing Anda mungkin mengalami hipotermia, segera ambil tindakan, dan mintalah nasihat profesional. Dalam beberapa kasus, hipotermia dapat mengancam jiwa. Bungkus anjing Anda dengan selimut hangat, berikan botol air panas yang terbungkus, dan periksa suhu anjing Anda dengan interval 10 menit. Jika suhunya di bawah 37 °C (98 °F), segera pergi ke dokter hewan. Jika tidak, jaga agar anjing Anda tetap hangat sampai suhunya di atas 38 °C (100 °F). Awasi anjing Anda sampai perilaku normal berlanjut.

Radang dingin

Ekstremitas anjing Anda (telinga, kaki, dan ekor) dapat mengalami radang dingin. Jika kulit anjing Anda terlihat pucat dan dingin saat disentuh, anjing Anda mungkin mengalami radang dingin. Setelah radang dingin terjadi, kulit mungkin tampak terbakar. Gunakan handuk hangat untuk memanaskan area dan pergi ke dokter hewan sesegera mungkin. Jika radang dingin tidak segera diobati dan jaringan di bagian tubuh yang terkena mati, mungkin diperlukan amputasi. Terkadang, meskipun radang dingin tidak terjadi, suhu yang sangat dingin dapat mengeringkan kulit anjing Anda. Minyak kelapa dapat membantu mengatasi kulit kering.

Kualitas air

Sayangnya, masalah kualitas air tidak terjadi saat liburan musim dingin–bahkan bisa meningkat! Selama musim ini, polutan seperti garam jalan yang digunakan untuk menghilangkan lapisan es dapat mengalir ke danau, sungai, dan lautan, terbawa oleh salju yang mencair atau curah hujan. Pastikan Anda memeriksa kualitas air pantai di Swim Guide sebelum mengajak anjing Anda berenang dan hindari membawa anjing Anda ke air setidaknya selama 72 jam setelah hujan lebat atau peristiwa pencairan salju.

Tips merawat anjing Anda setelah berenang di air dingin

bawalah handuk atau selimut untuk mengeringkan anjing Anda pastikan anjing Anda memiliki tempat yang hangat untuk pergi beri anjing Anda sesuatu yang hangat untuk diminum, seperti kaldu ayam atau daging sapi

Foto oleh Kelly Lund

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membawa anjing Anda berenang di air dingin adalah angin dingin, kekeruhan, dan kelembapan, yang semuanya dapat membuat suhu dingin terasa lebih dingin. Meskipun anjing Anda mungkin menggunakan banyak panas tubuh saat bermain di air, anjing Anda akan cepat kedinginan setelah aktivitas fisik berhenti. Bulu dan kulit yang basah juga akan membuat anjing Anda merasa kedinginan.

Suhu yang turun tidak selalu berarti musim berenang harus berakhir untuk anjing Anda. Dengan pengetahuan dan persiapan yang tepat, anjing Anda masih bisa bermain-main di perairan musim dingin!

Author: Philip Ross